Pemberian Pakan Untuk Murai Batu Kesayangan

Pemberian pakan untuk  Murai Batu haruslah tepat agar murai batu tetap dalam kondisi terbaiknya. Makanan yang sarat nutrisi tentunya akan berdampak baik pada kondisi kicauan si Murai Batu peliharaan anda. Terdapat beberapa pilihan pakan untuk murai batu kesayangan, tentunya dari sekian banyak pilihan tersebut, pakan alami tentulah menjadi asupan makanan terbaik. Tetapi pelet juga menjadi alternatif yang baik untuk pemberian pakan Murai Batu jika dalam takaran dan kombinasi yang tepat dengan pakan alami. Pelet ini biasa disebut dengan Voer,  Voer yang umum diberikan untuk Murai Batu berkadar 12-18% protein.

Pemberian pakan alami memang baik, namun tentunya tidak bisa sembarangan, harus ada takaran agar Murai Batu kesayangan kita tidak mengalami overweight (kegemukan) atau malah birahi yang berlebihan. Berikut daftar beberapa pakan untuk murai batu yang biasa diberikan,

  1. Jangkrik merupakan salah satu pakan terbaik bagi si Murai karena mengandung asam amino yang tinggi. Selain itu, jangkrik bermanfaat mengatur pola ritme birahi Murai Batu. Saat ini, banyak dijumpai di pasaran jangkrik untuk pakan burung kicau tak hanya dalam kondisi hidup, namun juga dalam kondisi sudah menjadi tepung atau jangkrik beku. Jika ingin memberikan jangkrik dalam kondisi hidup ada baiknya melepaskan kaki belakang jangkrik yang tajam karena dapat melukai si Murai.
  2. Kroto termasuk dalam makanan favorit bagi si Murai, selain mudah dicerna ternyata memberikan pakan berupa kroto secara rutin dalam masa Murai masih muda akan meningkatkan kemampuannya merekam bunyi dari burung masteran. Kroto juga ampuh untuk Murai dewasa yang sedang dalam kondisi enggan berkicau, stres, dan lesu.
  3. Ulat Kandang dan Ulat Hongkong. Kedua jenis pakan ini memiliki karakteristik yang sama. Keduanya mengandung banyak lemak dan sedikit protein, akan tetapi meskipun begitu kelebihan dan pemberian pakan tersebut tidak akan membuat si Murai kegemukan. Manfaat lain dari jenis pakan ini ialah membuat daya fighter meningkat.
  4. Cacing Tanah. Dari sekian daftar pakan terbaik untuk Murai Batu, barangkali cacing tanah bisa dikategorikan sebagai jenis pakan bintang lima. Kandungan protein dan asam amino yang tinggi pada cacing membuatnya kaya akan manfaat. Manfaat tersebut antara lain, mengoptimalkan metabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan, menstabilkan birahi dan mencegah kemandulan, melancarkan produksi telur, dan membuat bulu si Murai Batu lebih mengkilap.