Mitos Seputar Pakan Ulat Hongkong Pada Murai Batu

Pakan ulat Hongkong memiliki kandungan nutrisi yang baik Murai Batu, namun tetap pula terdapat pro dan kontra untuk pemberian pakan ini. Tak jarang pihak yang kontra dengan pemberian pakan ulat Hongkong disebabkan beberapa mitos-mitos yang berkembang dikalangan pecinta Murai Batu tentang pakan yang satu ini. Berikut beberapa mitos yang berkembang terkait dengan ulat Hongkong.

  1. Ulat Hongkong Menyebabkan Kegemukan. Ulat hongkong dapat menyebabkan kegemukan pada burung peliharaan. Mengapa ? Karena menurut banyak sumber dan penelitian ulat hongkong mengandung banyak lemak, hal ini tentu akan menyebabkan kegemukan dan akan berdampak negatif bagi kesehatan burung. Prinsip pada pemeliharaan burung kicauan seperti Murai Batu ini bukanlah gemuk atau tidaknya yang menjadi patokan. Pemberian pakan diperhatikan karena kaitannya dengan kualitas kicauan.
  2. Ulat Hongkong Menimbulkan Beberapa Penyakit Lain. Penggunaan ulat hongkong sebagai pakan burung juga dapat menimbulkan beberapa penyakit bagi burung peliharaan, seperti sakit mata dan juga pencernaan yang kurang baik. Hal ini biasa disebabkan karena ulat hongkong yang diberikan sebagai pakan burung berkualitas rendah.
  3. Bahaya Lain Ulat Hongkong. Ulat hongkong juga dipercaya bahwa dia masih dapat hidup selama beberapa detik jika kepalanya tidak hancur (terkunyah) saat dimakan oleh burung. Jika itu terjadi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa ulat hongkong akan mengigit atau merusak organ dalam pada burung atau organ pencernaan, hal ini tentu akan tidak baik bagi kelangsungan hidup si Murai Batu.

Untuk meminimalisasi mitos mitos,  ada beberapa cara dalam pemberian pakan ulat hongkong terhadap murai batu, antara lain. Pilihlah dan gunakan pakan ulat hongkong yang berkualitas dan bersih jika hendak menjadikannya sebagai makanan burung. Sebagai pakan burung murai trotol, pilih ulat Hongkong yang berwarna putih atau sedang yang mengalami proses molting untuk murai batu dewasa bisa menggunakan ulat hongkong yang biasa asalkan ulat masih dalam keadaan hidup . Jangan memberikan ulat hongkong secara berlebihan kepada burung peliharaan, karena kandungan lemak yang cukup banyak pada ulat hongkong dapat menimbulkan kegemukan pada burung. Murai batu ring 3L  085711972746 Limo Depok menyediakan murai batu trotolan, dewasa hingga pasangan. Untuk pembelian saat ini hanya bisa dilakukan secara datang langsung (PCB) dan cash. Untuk sementara tidak menerima pengiriman burung tanpa dipantau.