Murai Batu Hutan atau Murai Batu Tangkaran

Murai Batu hutan atau Murai Batu tangkaran adalah tema perdebatan yang tidak selesai di kalangan pecinta burung murai batu. Murai batu hutan berasal dari tangkapan hutan, anakan murai batu tersebut adalah hasil perkembang biakan alami dari indukan murai batu di alam liar. Sedangkan murai batu tangkaran dari penangkaran/peternakan adalah anakan murai batu yang dihasilkan dari campur tangan manusia (peternak) dalam menjodohkan indukannya. Pada usia yang sama, kedua jenis anakan murai batu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karakter dan perilakunya juga berbeda, hal itu disebabkan karena faktor lingkungan dimana keduanya belajar dan berkembang. Faktor lingkungan memang sangat berpengaruh terhadap pembentukan mental, karakter dan perilaku dari anakan murai batu tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari murai batu hasil tangkapan hutan dan murai batu tangkaran:

Murai Hutan

  • Kelebihan murai batu tangkapan hutan.

Karena berasal dari lingkungan hutan yang keras dengan segala perubahan cuaca dan iklim yang dialaminya, serta persaingan perebutan wilayah dan sumber makanan dengan burung-burung lainnya selama berada dihabitat aslinya, dipercaya memiliki mental dan fisik yang lebih tangguh, tidak mudah terserang penyakit dan mampu bertahan disegala kondisi. Murai batu tangkapan hutan terlatih untuk bisa bertahan hidup dilingkungan yang keras dengan berbagai ancaman dan bahaya dari predator yang mengancam setiap saat serta persaingan dengan sesama murai batu lainnya yang menjadikan  murai batu hutan lebih agresif serta memiliki karakter fighter yang kuat.

  • Kekurangan murai batu hasil tangkapan hutan.

Karena habitat aslinya adalah hutan yang jarang dilalui manusia, murai batu hutan memiliki karakter yang liar dan sulit untuk dijinakkan. Murai batu hutan sudah terbiasa mengkonsumsi jenis pakan alami yang tersedia melimpah dihabitat aslinya, sehingga ketika kita pelihara harus dilatih untuk makan voer terlebih dulu agar mempermudah perawatan hariannya. Selain itu, murai batu hutan rentan sekali mengalami stres, karena harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang asing dan sangat berbeda dengan suasana dihabitat aslinya. Sehingga bertemu manusiapun akan grabagan didalam sangkar yang kadang membuang paruh burung terluka bahkan menyebabkan kematian pada burung. Hal lain adalah adanya pemikat nakal yang menggunakan pancing ikan yang ikut tertelan didalam perut burung hutan, yang mengakibatkan burung tidak doyan makan dan tidak lama kemudian juga mengalami kematian.

Murai Batu Tangkaran

  • Kelebihan murai batu dari penangkaran.

Meskipun tidak memiliki suara kicauan dasar yang alami (suara alas), tetapi murai batu trotolan lebih mudah dibentuk karena rata-rata murai batu trotolan sudah jinak karena dari kecil sudah terbiasa berinteraksi dengan lingkungan manusia, apalagi jika sejak menetas sudah diloloh oleh manusia tentunya akan lebih jinak dan sudah terbiasa mengkonsumsi voer sebagai pakan utamanya. Murai batu trotolan juga lebih mudah dimaster dengan suara-suara masteran yang kita inginkan. Apalagi jika tujuan kita memelihara murai batu tersebut adalah untuk diikutkan lomba, tentunya materi isiannya bisa kita sesuaikan dengan trend suara isian yang sesuai dengan kriteria penilain lomba burung kicau saat ini.

  • Kekurangan murai batu dari penangkaran.

Pada dasarnya tidak ada kekurangan terhadap burung tangkaran selain burung lebih jinak dan biasa terhadap manusia. Burung jinak ini bisa disiasati dengan tidak membiasakan memberi makan burung menggunakan tangan. Selain itu, karena lingkungannya adalah lingkungan manusia dengan berbagai macam suara yang bisa direkamnya, memurai batuuat suara kicauan murai batu trotolan rawan tercampur dengan suara binatang-binatang lain seperti kucing, ayam, dan lainnya yang tidak kita inginkan. Hal ini jelas tidak baik karena akan merusak keaslian dari suara murni murai batu tersebut.

Murai Batu Ring 3L Limo Depok 085711972746 menyediakan murai tangkaran dari trotolan, siap gantang hingga indukan. Untuk menghindari penipuan kami hanya menggunakan sistem PCB (Pantau Cocok Bayar ) di tempat kami.