Mempersiapkan Murai Batu Untuk Lomba

Mempersiapkan Murai Batu untuk lomba berkicau memerlukan perawatan yang perlu perhatian khusus. Perawatan ini lebih ditujukan untuk mempersiapkan mental si Murai agar di hari kontes tiba ia bisa berkicau dengan merdunya. Secara garis besar perawatan Murai Batu yang akan dilombakan tidak jauh berbeda dengan perawatan rutin harian, seperti yang telah disinggung diawal, hal ini lebih ditujukan untuk mempersiapkan mental. Satu minggu sebelum masuk kontes, perawatan khusus harus segera di lakukan. Hal ini untuk menjaga dan menstabilkan birahi serta stamina si Murai agar tidak mudah drop nantinya.

Dikutip dari beberapa sumber mengenai perawatan si Murai menjelang kontes, untuk perawatan Murai Batu menjelang lomba membutuhkan sedikit cara dan trik khusus yang meski di tanamkan pada Murai Batu tersebut. Jika sang pemilik Murai Batu sudah memahami dan mengerti karakter atau sifat Murai Batu kesayanganya,  merupakan kunci dari keberhasilan saat lomba nanti. Namun demikian, pemahaman karakter ini juga harus diimbangi dengan beberapa perawatan si Murai.

Berikut ini cara Mempesiapkan Murai Batu untuk lomba yang barangkali bisa anda gunakan sebagai salah satu referensi.

  1. Tiga hari menjelang kontes, pemberian pakan pada Murai Batu ditingkatkan, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Untuk mempersiapkan kontes, pakan berupa jangkrik sangat dianjurkan, jika pada perawatan sehari-hari hanya diberikan 3 ekor, untuk persiapan kontes bisa kita berikan 5-6 ekor setiap pagi serta sore harinya.
  2. Dua hari menjelang kontes, durasi penjemuran Murai Batu bisa dikurangi waktunya, jika biasa kita lakukan penjemuran selama satu jam setiap hari, untuk persiapan kontes lakukan selama 25 menit saja.
  3. Beberapa jam sebelum kontes, Murai Batu kesayangan anda ada baiknya dimandikan,lalu berikan pakan berupa jangkrik 4-6 ekor. Selain jangkrik, pemberian pakan jenis lain juga bisa dilakukan dengan syarat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Ada beberapa trik jitu agar Murai Batu gacor saat berada di arena lomba. Sebaiknya, jika Murai Batu ingin dilombakan, perawatan serta persiapan harus di lakukan satu minggu sebelum terjun ke arena kontes.

Dibawah ini, ada beberapa tips yang mungkin saja bisa dijadikan referensi anda untuk mempersiapkan Murai Batu kesayangan yang akan dikonteskan.  

Satu minggu sebelum berlangsungnya lomba, Murai Batu sebaiknya dijauhkan dari segala jenis burung berkicau, apalagi dari sejenisnya. Hal ini kita lakukan untuk menghemat suara si Murai tersebut agar tidak banyak berkicau. Letakan di rumah yang aman dari segala bentuk ancaman yang mungkin berdampak buruk pada si Murai, misalnya, hewan, suara kebisingan baik dari manusia maupun suara mesin. Jika si Murai merasa terganggu bisa berakibat pada kesiapan mental si Murai. Kondisi terburuknya ialah si Murai bisa over agresif saat lomba, tentunya hal ini tidak diinginkan. Setelah mengikuti kontes, Murai Batu kesayangan anda juga harus diberikan treatment khusus, hal ini untuk memulihkan staminanya setelah menguras tenaga untuk berkicau.

Pakan yang sebelumnya kita tambah, bisa dikembalikan pada porsi sedia kala pada perawatan harian. Pemberian vitamin setelah lomba juga diperlukan, suplemen atau vitamin bisa diberikan satu hari setelah Murai kita lombakan. Dua hari setelah kontes, lakukan penjemuran pada Murai Batu tersebut selama 40 menit. Diharapkan setelah dilakukan treatment lanjutan setelah mengikuti kontes, si Murai Batu kesayangan anda tetap dalam kondisi fit dan berkicau dengan merdunya.

Kebun murai batu ring 3L Limo depok http://murai-batu.com 0817155010 menyediakan aneka jenis murai berkualitas dari trotol hingga indukan siapan.