Ciri Murai Batu Betina

Murai betina memiliki ciri yang mudah dikenali tetapi banyak juga dari pemilik burung murai batu yang masih belum tahu cara untuk membedakan jenis kelamin dari burung tersebut. Terdapat ragam cara untuk bisa membandingkan ciri antara jenis kelamin burung ini, salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan mengamati suara burung Murai Batu. Jika suara burung terdengar lebih keras dan merdu, bisa dipastikan bahwa burung tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan untuk murai batu betina, biasanya suara akan terdengar lebih pelan dan monoton dan terlalu merdu seperti si pejantan.

Memang dibutuhkan ketelitian dan pengalaman untuk dapat membedakan suara burung jantan maupun betina. Walaupun cara ini sudah banyak dibuktikan oleh banyak penangkar Murai Batu yang sudah berpengalaman, namun rasanya cara demikian masih terlalu sulit untuk dilakukan oleh pemilik murai yang masih pemula. Namun terdapat juga beberapa cara lain yang mungkin bisa dikatakan lebih mudah. Yakni dengan membandingkan ciri fisik dari burung tersebut. berikut ini terdapat beberapa ringkasan tentang cara atau metode membandingkan ciri fisik antara burung murai jantan dan betina:

  • Murai betina memiliki rata-rata badan yang lebih kecil dibandingkan dengan murai jantan.
  • Dilihat dari ciri bulunya, murai dewasa betina memiliki warna abu-abu yang hampir seperti warna hitan, tapi tidak mengkilat atau pun kusam.
  • Murai betina dewasa memiliki bulu-bulu pada bagian punggung, yang berwarna putih dan pola bulunya agak sedikit menyempit.
  • Ekot murai betina dewasa memiliki ukuran yang lebih kecil dan pendek apabila dibandingkan dengan murai jantan.
  • Pada bagian paruh nya pun sedikit lebih kecil dan cenderung terlalu melengkung.
  • Kepala burung murai betina pun terliahat lebih kecil.
  • Lalu pada bagian dada terdapat bulu berwarna cokelat muda.
  • Untuk bagian mata burung murai betina mungkin terlihat seperti pada umumnya.
  • Tulang kaki burung murai betina juga terlihat lebih kecil dan pendek.

Dari ciri-ciri tersebut dapat dicoba untuk melakukan perbandingan antara murai batu betina dan jantan, agar kemampuan untuk membedakan jenis kelamin burung murai ini semakin bertambah. Kebun murai batu ring 3L https://murai-batu.com 0817155010 berlokasi di Limo Depok menyediakan aneka jenis murai batu. Untuk pembelian hanya bisa melayani pembelian ditempat secara PCB.