Rahasia Murai Batu Juara

Rahasia Murai Batu juara tergantung pada perawatan dan kualitas indukan,  burung yang nama latinnya Copsychus Malabaricus merupakan jenis burung berkicau yang cerdas, dan memiliki banyak penggemar. Selain untuk dinikmati sendiri, kualitas kicauan burung Murai Batu ini juga seringkali dilombakan. Karena suaranya yang sangat merdu dan bervariasi, menjadikan jenis burung ini menjadi salah satu burung penyanyi terbaik di dunia. Dalam memelihara burung ini, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang sangat ekstra setiap harinya. Hal tersebut dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan juga kualitas suara burung Murai Batu. Dengan pola perawatan harian yang baik dan sesuai dengan karakter burung, perlu juga diperhatikan dalam menjaga kualitas makanan murai karena berpengaruh langsung terhadap kesehatan dan kualitas suaranya.

Dalam melakukan perawatan burung Murai Batu untuk lomba pun sebenarnya tidak jauh berbeda logika perawatannya dengan yang harian. Pada intinya burung harus diperlakukan sesuai dengan karakternya dan dijaga kualitas makanannya, hal tersebut dapat dikatakan pula sebagai kunci keberhasilan perawatan lomba untuk burung Murai Batu. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana pola perawatan untuk lomba burung murai batu, agar memiliki stamina yang stabil dan mampu menjadi juara saat dilombakan:

  • Tiga hari sebelum lomba dilaksanakan, sebaiknya konsumsi jangkrik untuk burung murai dinaikkan menjadi 5 ekor pada waktu pagi, dan 4 ekor pada waktu sore.
  • Lalu hari setelahnya, atau dua hari sebelum lomba, burung dijemur dibawah terik matahari langsung selama maksimal 30 menit saja.
  • Pada hari dilaksanakannya lomba, satu jam sebelum dilombakan, burung sebaiknya dimandikan dan diberikan makan jangkrik 3 hingga 5 ekor dan juga ulat hongkong sebanyak 6 hingga 15 ekor.
  • Yang terakhir, tepat sebelum burung dilombakan, sebaiknya berikan makan jangkrik sebanyak 2 ekor.

Selain keempat hal penting yang berhubungan langsung dengan kualitas serta kuantitas makanan burung murai, tidak boleh juga dilupakan bahwa enam hari sebelum burung dilombakan, burung murai batu sebaiknya diisolasi terlebih dahulu. Jangan sampai burung murai dapat melihat dan mendengar suara burung murai batu lainnya. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap mental burung murai. Selain itu, juga perlu diperhatikan bahwa satu hari sebelum dilombakan, burung murai sebaiknya dimandikan pada malam hari antara pukul 19.00 – 20.00. https://murai-batu.com adalah tempat penjualan murai batu di kota depok, tepatnya ada di kecamatan Limo. Saat ini hanya melayani pembelian di tempat dan belum melayani pengiriman.