Ciri Murai Batu Petarung

Murai Batu (Copsychus malabaricus) merupakan burung yang banyak dicintai oleh penggiat burung kicau, terutama karena memiliki suara yang khas dan memiliki gaya fighter atau petarung. Namun, burung ini termasuk jenis burung yang tidak mudah dirawat dan dipelihara karena burung ini relatif sulit untuk dijinakkan. Jika muncul keinginan untuk memelihara burung jenis Murai Batu ini, maka dapat diperhatikan beberapa ciri Murai Batu petarung berkualitas baik dengan yang biasa saja.

Yang pertama harus diperhatikan adalah mengetahui jenis Murai Batu yang akan dipelihara. Murai Batu memiliki banyak jenis, yang biasanya dinamakan sesuai dengan asal burung tersebut. Semisal, murai batu asal Medan disebut sebagai Murai Batu Medan, begitu pula juga untuk murai batu dari Nias, Aceh, Borneo, dan lain sebagainya. Penting bagi calon pemelihara burung Murai Batu agar bisa mengetahui karakter dasar burung tersebut. Contohnya, Murai Batu Medan memiliki ciri yaitu ekor yang melengkung panjang, berbeda untuk Murai Batu Nias, yang memiliki ekor lebih pendek dan berwarna hitam.

Faktor lain yang perlu diperhatikan sebelum memilih murai batu adalah melihat paruhnya. Salah satu ciri Murai Batu petarung yang berkualitas memiliki paruh lurus, panjang, serta berpangkal lebar. Paruh lurus ini berpengaruh terhadap suara yang dikicaukan, sedangkan paruh celah dipercaya memiliki vokal yang kencang. Selain paruh, mata Murai Batu juga perlu diperhatikan. Pilihlah burung yang memiliki mata bundar dengan tatapan tajam. Ciri tersebut menandakan bahwa burung itu memiliki mental juara. Sepintas tatapannya terkesan ‘galak’, burung yang memiliki ciri tersebut biasanya sering menjuarai kontes kicau,.

Ciri Murai batu petarung yang berkualitas juga dapat dilihat dari bentuk dan proporsi tubuhnya. Murai batu yang bagus memiliki proporsi antara ekor, kaki, dan badan yang serasi, tidak terlalu dominan pada salah satu bagian. Jika memiliki proporsi badan yang baik, maka burung Murai Batu itu akan tampak gagah. Pastikan pula burung memiliki ekor yang panjang, karena ekor panjang merupakan ciri khas Murai Batu. Selain lebih indah dengan ekor panjang, terdapat kepercayaan pula bahwa burung yang memiliki ekor panjang berkicau lebih bagus dibandingkan dengan burung berekor pendek.

Murai Batu yang bagus juga memiliki cengkraman kaki yang kuat. Kaki burung ini akan menjepit rapat tempat dirinya berpijak. Selain itu, dapat diperhatikan juga warna kaki burung ini. Murai batu yang bagus memiliki kaki berwarna coklat kehitaman. Terdapat kepercayaan bahwa warna kaki yang gelap menandakan burung tersebut memiliki mental juara.

Burung Murai Batu yang sehat akan bergerak lincah serta berkicau dengan keras yang lantang. Jika dirawat dengan baik dan benar, maka suaranya akan terdengar cemerlang dan mampu mengalahkan suara lawannya. Burung ini juga memiliki ciri khas yang unik yaitu suara “trek… trek… trek”, atau yang biasa disebut penggiat burung sebagai ketrekan. Suara ketrekan yang bagus adalah suara yang terus menyambung dan tidak terputus.

Ciri terakhir yang bisa diperhatikan adalah bentuk sayap serta leher. Burung yang bagus adalah burung yang memiliki sayap yang rapat, tidak longgar atau renggang. Murai Batu yang bagus juga dapat dilihat dari bagian leher. Leher yang panjang dapat menghasilkan suara yang lebih bagus serta lebih panjang. 

Murai-batu.com 0817155010 menyediakan aneka jenis murai batu berkualitas dan pembelian saat ini hanya bisa dilakukan secara PCB di Limo Depok Jawa Barat.