Cara Pemasangan Ring Murai Batu

Ring Murai Batu adalah identitas penangkar  dengan cara ini  murai batu yang Anda beli bisa jelas silsilah dan asal usulnya. Ring kode sendiri bisa dibuat sesuai keinginan pemilik penangkaran atau peternakan burung. Anda juga bebas membuat kode tulisan yang tertera pada ring. Sayangnya, terkadang Murai Batu justru mengalami berbagai masalah saat dipasangi ring. Entah karena kesalahan dalam pemasangan atau pemilihan jenis ring yang kurang tepat. Yang jelas, Murai Batu bukannya merasa senang tetapi justru tersiksa dan terluka. Burung yang tidak bisa protes hanya mampu meronta kesakitan dan melakukan ‘demo’ pada majikan dengan cara tidak berkicau sama sekali. Hal ini lumrah ditemui di kehidupan para pecinta Murai Batu. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara memasang ring kode pada kaki si Murai, kapan harus memasang ring, jenis ring yang nyaman untuk MB dan dampak yang akan terjadi setelah pemasangan ring kode. Sekarang mari kita bahas semua masalah tentang cara memasang ring mulai dari waktu,

  1. Keterlambatan memasang ring. Semakin muda usia si Murai, maka semakin baik dipasangi ring atau cincin. Biasanya, pemasangan ring yang paling tepat dilakukan pada saat Murai Batu berusia 5-11 hari. Pasalnya, saat usia Murai Batu dalam hitungan hari (di bawah 12 hari), kakinya masih lentur, sehingga Anda akan lebih mudah memasangnya. Setelah memasuki hari ke-12 hingga 15, kaki Murai Batu akan berkembang dan menjadi kaku. Ini ditunjukkan bagian telapak kaki yang membesar. Kalau Anda tetap memaksakan untuk memasang ring pada Murai Batu kesayangan Anda, bisa jadi kakinya akan terluka dan patah. Pemaksaan pemasangan ring karena keterlambatan akan mengakibatkan kaki Murai Batu terluka, patah, bengkok, dan akhirnya cacat. Selain itu, Anda mulai sekarang harus waspada. Sebab, tidak semua Murai Batu yang dipasangi ring merupakan Murai Batu hasil penangkaran. Beberapa oknum yang ingin mencari keuntungan, sengaja memasangkan pada kaki Murai Batu hasil tangkapan hutan. Jelas saja, kaki Murai Batu akan terluka karena waktu pemasangannya tidak tepat. Jadi, intinya Anda harus memeriksa terlebih dahulu bagian kaki Murai Batu yang sudah dipasangi ring, siapa tahu ada cacat fisik yang tidak terlihat.
  2. Cara memasang ring yang salah. Pemasangan pada kaki Murai Batu ada caranya tersendiri. Jari kaki bagian belakang ditekuk ke atas agar ring bisa masuk dengan mudah. Proses seperti ini tidak akan menyakiti burung. Namun sebaliknya, jika Anda menekuk kaki belakang ke bawah, maka si Murai akan merasa kesakitan. Ingat, selain menekuk kaki Murai Batu bagian belakang, Anda juga disarankan menggunakan pelicin saat akan memasang ring ke kaki burung. Pelicin bisa berupa bahan-bahan yang terdapat di dapur, seperti minyak kelapa dan bahan pelicin lainnya. Tanpa pelicin, proses pemasangan ring akan sedikit lebih lama, sehingga kemungkinan besar dapat menyakiti kaki Murai Batu peliharaan Anda. Para penangkar pemula yang baru belajar beternak Murai Batu sebaiknya berlatih bagaimana cara memasang ring yang baik dan benar. Jangan sampai Murai Batu muda menjadi korban karena sang pemilik tidak tahu cara memasang ring.
  3. Ring tersangkut karena ukuran yang tidak sesuai. Ring mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sesuaikan ukuran dengan kaki Murai Batu Anda. Kalau bisa ring tetap bisa bergeser naik turun mengikuti pergerakan burung. Jangan sampai ring tersangkut di kaki bagian atas. Ini bisa mengganggu aktivitas Murai Batu dan mengganggu kesehatannya juga. Ring yang tersangkut karena kesempitan akan membuat peredaran darah tidak lancar. Kalau sudah begini, biasanya Murai Batu akan lebih sering mengangkat kaki. Penyebab ring tersangkut adalah ukurannya yang kurang tepat. Kebanyakan saat pemasangan ring terlihat pas di kaki burung, tapi setelah Murai Batu beranjak dewasa ring tersebut menjadi kesempitan. Untuk mengantisipasi hal ini, maka pilihlah ring sesuai jenis Murai Batu peliharaan Anda atau mencari jenis ring yang fleksibel (bisa dibongkar pasang kapan saja).

Itu tadi beberapa masalah yang biasa terjadi saat kaki Murai Batu dipasangi ring atau cincin. Semoga dengan mengetahui masalah dan dampak pemasangan ring, Anda bisa lebih berhati-hati saat memasang ring di kaki Murai Batu peliharaan Anda. Ring 3L 0817155010 adalah kebun murai yang berada di Limo Depok, menyediakan aneka jenis murai dengan harga terbaik.