Memilih Murai Batu Betina Untuk Indukan

Anakan burung murai yang berkualitas biasanya tergantung pada indukan betina yang dipilih oleh peternak. Memilih murai batu betina untuk indukan bukan hal cukup mudah, harus banyak hal yang dipertimbangkan sebelumnya. Kita tidak bisa hanya menilai murai batu betina untuk indukan yang berkualitas dari fisiknya saja. Cara paling ampuh yang bisa dilakukan adalah memang mencoba untuk menangkar terlebih dahulu indukan betinanya dan melihat hasil anakannya. Jika sudah menangkarnya dan terbukti memang berkualitas, tentu indukan murai batu tersebutlah yang harus dipakai. Cara lainnya adalah membeli  murai batu betina untuk[indukan dari peternak yang terpercaya seperti 3L Limo Depok. Untuk beternak usahakan tidak menggunakan asal  betina tangkapan alam, selain susah di jinakan juga memiliki resiko kematian yang tinggi. Murai batu indukan betina yang berkualitas ciri-cirinya adalah penampilannya bagus, warna bulu, kicauan monoton yang kencang dan yang terpenting sudah cukup umur untuk di jodohkan.

Berikut ini sedikit tips mendapatkan murai batu betina untuk indukan berkualitas :

  • Baiknya pilih indukan yang usianya lebih dari satu tahun agar organ reproduksi dari indukan murai sudah benar-benar matang. Umur dewasa pada kelamin betina berkisar 6 hingga  7 bulan tetapi organ reproduksinya pada rentang waktu tersebut belum matang. Umur dewasa kelamin betina yaitu saat indukan betina bisa bertelur untuk pertama kalinya, karena jika organ reproduksi indukan betina tidak benar-benar matang maka ditakutkan telur-telur yang dihasilkan akan infertil.
  • Pilihlah induk betina yang tidak galak dan tidak emosian. Karena jika emosian indukannya akan gampang stress. Induk juga harus jinak dan tidak takut manusia agar ia bisa nyaman saat disangkarnya. Indukan betina juga harus memiliki sikap yang baik terhadap telur, jangan sampai menemukan indukan betina yang suka membuang telur-telurnya. Ia juga harus pandai menjaga anak-anaknya setelah menetas nanti.
  • Pilih indukan betina yang benar-benar sehat. Misalnya indukan harus aktif dan lincah terbang kesana kemari, bulu-bulunya tumbuh dengan sempurna dan bersih, dan tampilannya tidak kusam.
  • Indukan betina juga harus gacor dengan irama suara yang enak meskipun monoton, nadanya tinggi, dan kicauannya lantang.

Tapi hal semacam ini jangan  terlalu jadi patokan. Karena yang kriteria yang terlalu sempurna seperti itu juga langka. Kebun murai batu ring 3L 0817155010 menyediakan murai batu dengan harga terbaik. Saat ini pembelian hanya bisa dilayani dengan metode PCB (Pantau Cocok Bayar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *