Murai Batu Cabut Bulu Cara Mengatasinya

Memelihara burung murai batu memang menjadi tantangan tersendiri untuk pemiliknya, tapi manakala itu sudah menjadi hobi tentu anda tak akan masalah. Murai batu jadi primadona karena kicauannya yang merdu dan ekor panjangnya yang elok. Tapi jangan salah, ternyata ada satu sikap murai batu yang membuat jengkel pemiliknya karena berdampak pada kerusakan pada dirinya sendiri. Sikap tersebut adalah saat murai batu mencabuti bulunya sendiri, akibatnya adalah kerusakan pada bulu sayap, perut, hingga bagian ekor murai batu tentu ini menjadikan murai batu cacat fisik dan tidak indah dipandang lagi.Beberapa penyebab murai batu cabut bulu :

  • Faktor pemberian pakan yang salah, biasanya pemilik murai batu sering salah memberi takaran makanan pada burung murai batu miliknya. Takaran disini bisa jadi jumlah pakan atau jenis pakan yang diberikan yang berdampak pada murai batu jadi memiliki birahi yang tinggi. Birahi yang tinggi memang baik saat murai batu ikut kontes burung, tapi jika birahinya selalu tinggi tentu membuatnya menjadi over birahi sementara tidak menemukan lawan bertarung. Keadaan ini memicu murai batu untuk mematuki bulunya sendiri. Mematuki bulu adalah ekspresi pelampiasan jika bertarung burung murai.
  • Faktor tekanan, mental yang tidak stabil karena kicauannya kalah dari burung murai kontes lainnya dalam kontes burung atau burung yang usianya belum siap untuk bertarung tapi dipaksa ikut kontes hal ini membuat burung merasa tertekan sehingga mental jiwanya menurun. Sehingga terjadi perilaku burung yang tak menentu salah satunya dengan mencabuti bulu sendiri.

Mengatasi burung murai batu cabut bulu

  • Mengatur pola pakan, sebaiknya berikan pakan jangkrik yang seimbang. misal 3 ekor jangrik pagi dan 3 ekor lagi pada sore hari. Hal ini untuk mengontrol birahi dari burung murai batu.
  • Jauhkan murai batu dari hewan pengganggu misalnya ayam, kucing, atau burung murai batu yang lebih gacor. Dan ini memerlukan waktu membuat kepercayaan diri atau mental Murai Batu kembali pulih.

Murai Batu ring 3L Limo Depok menyediakan aneka trotolan, dewasa, jantan ataupun betina murai batu. Semua aktifitas dilakukan secara PCB tidak bisa kirim kirim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *