Perawatan Murai Batu Mabung Pertama

Proses mabung merupakan proses terlepasnya bulu-bulu lama dan bersamaan dengan tumbuhnya bulu baru. Pada kondisi mabung, burung akan berada dalam kondisi yang sangat lemah. Dalam merawat murai batu mabung pertama caranya relatif sama dengan merawat murai batu mabung pada umumnya. Hanya terdapat sedikit perbedaan dalam perubahan jenis bulu yang kemudian tumbuh ketika mabung pertama, yakni saat trotol menjadi bulu murai batu dewasa. Dibutuhkan waktu kira-kira tiga bulan untuk proses mabung murai batu. Perlu diperhatikan ketika merawat murai batu mabung pertama ini tidak sama seperti merawat murai batu yang kondisinya normal. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses mabung berjalan baik, seperti:

Kerodong Sangkar dan Letakkan di Temat yang Nyaman
Di habitat aslinya, saat proses mabung, murai batu akan cenderung bersembunyi untuk menghindari predator. Demikian juga ketika menjadi peliharaan, sifat alaminya tidak berubah. Dengan mengkrodong sangkar dan meletakkannya di tempat yang nyaman, akan sangat membantu proses mabung murai batu.
Jauhkan dari Murai Batu Lain
Karena murai batu merupakan burung petarung, mendekatkan murai batu yang sedang mabung dengan murai batu lain hanya akan membuat murai merasa tertantang dan memicu stres bagi burung. Selain itu burung juga sedang dalam kondisi yang sangat lemah, sehingga energinya sebagian besar diperlukan untuk mabung.
Mandikan Murai Batu Ketika Ekor Sudah Mulai Tumbuh
Memandikan burung akan membuat proses tumbuhnya bulu baru berjalan dengan lebih baik, karena kebersihan bulu menjadi terjaga dan terhindar dari kutu. Selain itu juga jangan lupa untuk membersihkan kandang.
Berikan Makanan dengan Protein Tinggi
Karena protein merupakan komponen utama pembentuk bulu, sehingga dengan memberikan makanan yang memiliki protein tinggi sangat membantu proses mabung berjalan dengan baik dan memaksimalkan panjang bulu ekor. Makanan dengan protein tinggi ini contohnya seperti jangkrik, kroto, ulat, dan juga belalang. Apabila kesulitan mencari ragam makanan tadi, bisa menggunakan alternatif seperti voer berprotein tinggi, yang sumber protein utamanya didapatkan dari protein serangga.

Https://murai-batu.com adalah peternakan burung murai batu ring 3L yang berlokasi di Limo Depok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *