Ternak Kroto Untuk Burung Berkicau

Kroto adalah istilah untuk campuran telur dan larva yang dihasilkan dari semut rangrang. Awalnya kroto di dapatkan dari perburuan bebas di alam tapi karena permintaan terhadap kroto cukup tinggi maka kemudian banyak orang-orang yang mulai ternak kroto. Apalagi harga kroto kian hari makin tinggi. Ternak kroto di anggap solusi untuk mendapatkan kroto dalam jumlah banyak. Semut rangrang yang cocok untuk dijadikan kroto adalah jenis Oecophylla smaragdina. Kroto biasanya digunakan sebagai pakan burung khususnya burung kicau. Kandungan nutrisi di dalam kroto mampu membuat burung lebih lincau dan kicauannya merdu. Kroto paling baik diberikan saat burung kicau masih muda atau saat proses pemasteran. Karena kini kroto sangat populer diternak banyak orang, berikut beberapa cara beternak kroto.

  • Ternak kroto metode dari alam, cara ini dilakukan dengan mencari bibit kroto dari alam. Orang-orang biasanya mencari kroto di malam hari dengan galah panjang dan jaring. Tangkapan kroto saat malam hari akan dijual di pasar pada pagi hari, tapi sebagian ada juga yang membuat tangkapan krotonya untuk diternak lagi terlebih dahulu.
  • Ternak kroto metode budidaya, beternak dengan metode ini berarti kamu membeli bibit kroto dari peternak lain. Cara ini lebih efektif karena kamu tidak susah-susah untuk mencari bibitan. Ketika membeli bibit kroto kamu akan mendapatkan ratu, prajurit, dan pekerja semut.
  • Ternak bibit kroto tanpa ratu, beternak jenis ini dilakukan bila modal anda terbatas. Karena harga bibit kroto cukup mahal, jadi anda bisa menggunakan alternative dengan semut rangrang saja. Hal ini mirip dengan beternak di alam bebas, metode satu ini sebenarnya bisa menghasilkan ratu rangrang tapi harus menunggu beberapa waktu dengan pertumbuhan rangrang yang baik.
  • Ternak kroto dengan toples, beternak kroto dengan toples bisa jadi pilihan karena harga toples yang murah dan mudah didapat. Proses panen dengan metode ini juga sangat mudah, dan kamu bisa mengamati pertumbuhan kroto dengan gampang karean warna bening pada toples.
  • Ternak kroto dengan paralon, metode beternak jenis ini dinilai sebagai inovasi baru. Banyak peternak yang sudah mencobanya. Media paralon mudah didapatkan, lebih awet dan memiliki ruang yang cukup luas. Tapi saat pengemasan bibit sulit dilakukan dan susah untuk mengamati pertumbuhan kroto.

Murai-batu.com 0817155010 menyediakan trotolan murai batu berbagai usia, pembelian hanya bisa dilakukan secara PCB belum bisa menggunakan metode transfer atau kirim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *